Akhirnya Negara Palestina Diakui PBB



Dalam Sidang Umum PBB tersebut telah memberikan suara bulat mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Hasil voting yang digelar, Palestina mendapat dukungan mayoritas yakni 138 anggota majelis umum PBB, hanya 9 menolak dan sisanya, 41 anggota, menyatakan abstain.
Pengakuan PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa ) terhadap Palestina walaupun belum jadi anggota penuh baru diakui sebagai negara pemantau non-anggota dari status sebelumnya sebagai entitas pemantau.  Namun bagi Palestina, perkembangan baru ini memberi dorongan kuat di bidang legitimasi internasional dalam upaya mendapatkan kemerdekaan. Sementara bagi Israel dan sekutu pentingnya, Amerika Serikat (AS), pengakuan PBB itu merupakan kemunduran diplomatik dan berpotensi implikasi serius.
Banyak keuntungan didapat dengan pengakuan PBB ini baik secara nasional maupun international diantaranya membuka pintu bagi Palestina untuk bergabung dengan badan-badan PBB, terutama Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Bergabungnya dengan ICC, Maka Palestina bisa memperjuangkan tuduhan kejahatan perang terhadap Israel untuk operasi militer dan pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah pendudukan.
Secara internasional, hasil sidang MU PBB itu menempatkan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan agenda Palestina kembali di tengah panggung dunia. Pemungutan suara itu memberikan dukungan internasional sangat besar bagi Abbas dalam memperjuangkan wilayah Palestina merdeka yang meliputi Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang dicaplok Israel dalam perang Timur Tengah 1967.
Seperti biasa Dubes AS di PBB Susan Rice dan Israel menentang hasil voting ini. AS masih menolak keberadaan Palestina sebagai sebuah negara Namun Perancis sangat mendukung dan akan terus membantu kemerdekaan Palestina.
"Resolusi ini tidak menetapkan Palestina sebuah negara," kata Susan Rice, Dubes AS di PBB. sementara Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menganggap keputusan PBB tak merubah apapun. katanya.. dasar Yahudi.
Warga Merayakan Pengakuan PBBDi Ramallah - Palesitna sempat terjadi keheningan saat proses voting berlangsung di Markas PBB. Warga Palestina yang berkumpul di lapangan Yasser Arafat, Tepi Barat, terlihat serius memantau jalannya voting melalui layar besar yang dipasang. Namun keheningan ini digantikan teriakan, sorak-sorai dan nyanyian serta gema takbir  'Allahu Akbar! membahana keangkasa raya sambil berangkulan satu sama lain disertai pesta kembang api sebagai luapan kegembiraan setelah tahu kemenangan hasil voting tersebut.
Ya Allah…  berkahilah saudaraku seiman.. Warga Palestina.. yang Akhirnya Negara Palestina Diakui PBB.. Selamat ..
Follow@Dharma_0ne
Previous
Next Post »

2 Tinggalkan Komentar disini...

Click here for Tinggalkan Komentar disini...
Anonymous
10/12/12 8:40 PM ×

Good day! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm absolutely enjoying your blog and
look forward to new posts.
Here is my weblog Cheap Christian Louboutin

Balas
avatar
admin

Selamat Datang Sahabat....
Silahkan tinggalkan komentar dan saran


Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment