Mukhtarat Min Risalah Mu’tamar Khamis, Hubungan Antara Pimpinan Dan Bawahan

كُنَّا نُوَجِّهُ الدَّعْوَةَ وَ نَعْمَلُ عَلَى انْتِشَارِهَا أَمَّا الآنَ فَقَدْ صَارَتِ الدَّعْوَةُ تُسْبِقُنَا إِلَى الْبِلاَدِ وَ الْقُرَى وَ تَضْطَرُّنَا إِلَى مُلاَحَقَتِهَا وَ أَدَاءِ حُقُوْقِهَا مَهْمَا كَانَ فِيْ ذَلِكَ مِنْ عَنَتٍ وَ مِنْ إِرْهَاقٍ وَ الْمُهِمُّ أَنَّ الصِّلَةَ بَيْنَ هَذِهِ الْهَيْئَاتِ كُلِّهَا لَيْسَ مُجَرَّدُ التَّشَابُهِ فِي الاِسْمِ أَوِ الْوِحْدَةِ فِي الْمَقْصَدِ الْعَامِ كُلاًّ بَلْ إِنَّهَا أَقْوَى الصِّلاَتِ جَمِيْعًا إِنَّهَا صِلَةُ الْحُبِّ الْعَمِيْقِ وَ التَّعَاوُنِ الْوَثِيْقِ وَ الاِرْتِبَاطِ الْقُدْسِيِّ الْمَتِيْنِ وَ الاِلْتِفَافِ التَّامِّ حَوْلَ مِحْوَرِ الدَّعْوَةِ وَ مَرْكَزِهَا وَ الْوِحْدَةِ وَ الشَّامِلَةِ فِي الأَلَمِ وَ الأَمَلِ وَ الْجِهَادِ وَ الْعَمَلِ وَ الْوَسَائِلِ وَ الْغَايَاتِ وَ الْمَنَاهِجِ وَ الْخَطَوَاتِ وَ لَيْسَ بَعْدَ ذَلِكَ زِيَادَةٌ لِمُسْتَزِيْدٍ.
Dulu kita mengarahkan dakwah dan bekerja untuk menyebarkannya. Kini dakwah telah mendahului kita memasuki pelosok negeri dan kampung-kampung. Dakwah memaksa kita untuk mengejarnya dan memenuhi hak-haknya meskipun itu amat berat dan melelahkan kita. Yang penting (untuk kita ingat dan camkan) adalah bahwa hubungan antar semua struktur jamaah bukanlah sekadar kemiripan nama atau kesamaan dalam tujuan umum. Tidak demikian, namun hubungan antar struktur adalah hubungan yang paling kuat, yakni hubungan cinta mendalam, hubungan kerjasama yang solid, ikatan suci yang teramat kuat, bersatu erat di sekitar mihwar dan pusat dakwah, menyatu sempurna untuk bersama-sama merasakan kepedihan dan harapan, menyatu dalam jihad dan amal, dalam sarana dan tujuan, dalam manhaj dan langkah. Setelah itu tercapai, tidak ada sisa lagi bagi yang ingin mencari yang lain.

وَ لَيْسَتْ هَذِهِ الْهَيْئَاتِ فِي الْبُلْدَانِ وَالْقُرَى مُقْتَصِرَةً فِيْ عَمَلِهَا عَلَى تَنْفِيْذِ تعَلِيْمَاتِ الْمَكْتَبِ الرَّئِيْسِيِّ لَهَا بِالْقَاهِرَةِ بَلْ إِنَّهَا تَجِدُ وَ تَعْمَلُ فِيْ مَنَاحِي الْخِدْمَةِ الْعَامَّةِ فَتَبْنِيْ أَنْدِيَتُهَا وَ كَثِيْرٌ مِنْهَا قَدْ بَنَى دَارَهُ وَ أَصْبَحَتْ مَلِكًا خَالِصًا لَهُ خَاصًّا بِهِ وَ كَثِيْرٌ مِنْهَا كذَلِكَ قَامَ بِالْكَثِيْرِ مِنَ الْمَشْرُوْعَاتِ الْخَيْرِيَّةِ وَ الاِقْتِصَادِيَّةِ وَ الاِجْتِمَاعِيَّةِ وَ جَمِيْعُهَا دَائِمَةُ النَّشَاطِ جَمَّةُ الإِنْتَاجِ كَمَا أَنَّ صِلَةَ الْمَكْتَبِ بِفُرُوْعِهِ وَ هَيْئَاتِهِ الْمُخْتَلِفَةِ لَيْسَتْ صِلَةَ الرَّئِيْسِ بِالْمَرْؤُوْسِ وَ لَيْسَ صِلَةُ الإِدَارَةِ الْبَحْتَةِ وَ الإِشْرَافِ الْعِلْمِيِّ فَقَطْ وَ لَكِنَّهَا صِلَةٌ فَوْقَ ذَلِكَ كُلِّهِ: صِلَةُ الرُّوْحِ أَوَّلاً وَ صِلَةُ أَفْرَادِ الأُسْرَةِ الْوَاحِدَةِ بَعْضُهُمْ بِبَعْضٍ التَّزَاوُرُ فِي اللهِ فَدُعَاةُ اْلإِخْوَانِ يَزُوْرُوْنُ إِخْوَانَهُمْ وَ يَخْتَلِطُوْنَ بِهِمْ وَ يَعْرِفُوْنَ أَهَمَّ مَا يَتَّصِلُ بِحَيَاتِهِمْ وَ شُؤُوْنِهِمْ الْخَاصَّةِ وَ الْعَامَّةِ وَ لَمْ يَتَوَفَّرْ ذَلِكَ لَهَيْئَةٍ مِنَ الْهَيْئَاتِ الْقَائِمَةِ فِيْمَا أَعْلَمُ وَذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ.

Struktur jamaah ini tidak hanya bekerja sekadar melaksanakan ta’limat pengurus pusat di Kairo, namun Antum temukan ia juga bekerja di semua bidang pelayanan umum dimana lembaga-lembaganya telah bekerja keras, banyak di antaranya yang bahkan telah membangun sekretariat sendiri dan menjadi milik sendiri, mereka juga telah melaksanakan berbagai proyek kebaikan di bidang ekonomi, sosial dan semuanya selalu giat bekerja secara produktif. Hubungan antara pengurus pusat dengan wilayah dan cabang-cabangnya bukanlah hubungan antara atasan dengan bawahan, bukanlah hubungan manajerial administratif semata, atau sekadar hubungan supervisi. Namun (yang harus ada) lebih tinggi dari itu semua, yaitu hubungan ruh, hubungan sesama anggota keluarga yang satu dimana kita saling menjaulahi karena Allah Taala. Para dai Ikhwan selalu mengunjungi saudara mereka, berbaur menyatu dengan saudara, mengenal semua hal terpenting tentang kehidupan mereka secara umum dan khusus. Dan itu sejauh yang saya ketahui belum dimiliki oleh organisasi dan jamaah lain selain Ikhwan, dan ini semata-mata adalah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki.




Previous
Next Post »

Selamat Datang Sahabat....
Silahkan tinggalkan komentar dan saran


Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment