Krisis Ekonomi, Jangan Gegabah PHK Karyawan


Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal dinilai bukan menjadi satu-satunya jalan terbaik untuk perusahaan menyelesaikan masalah keuangan. Justru, hal tersebut, malah akan semakin memberatkan Indonesia untuk keluar dari cengkeraman krisis keuangan global.
"Pengusaha diharapkan menahan diri untuk tidak terlalu gampang melakukan PHK. Karena, jika itu dilakukan, maka akan banyak membantu pemulihan ekonomi Indonesia saat ini," ucap pengusaha Mochtar Riady, saat berbicara dalam seminar dan dialog nasional bertajuk Reinventing Indonesia: The Challenge of Indonesia Economy and Business Leader 2009, di Gedung Unika Atmajaya, Jakarta, Sabtu (15/11/2008).

Kendati menyuarakan demikian, Mochtar tidak menjelaskan secara lebih lanjut mengenai langkah, selain memecat buruh, yang semestinya dilakukan suatu perusahaan agar tidak kolaps.

Dalam kesempatan tersebut, Mochtar juga menekankan bahwa kemakmuran sebuah negara tidak bisa hanya ditentukan oleh sumber daya alam (SDA) yang melimpah.
Dia menguraikan, bahwa sejatinya Indonesia sejak awal adalah negara yang kaya-raya. Namun, ternyata tidak berimbas kepada kehidupan penghuninya. Karena, ternyata orang-orang yang hidup diatas tanah yang subur, tidak menjadikan mereka orang kaya.

"Kemakmuran negara tidak hanya tergantung kepada natural resources saja, tapi juga human resources menjadi faktor penting," ucapnya.


Previous
Next Post »

Selamat Datang Sahabat....
Silahkan tinggalkan komentar dan saran


Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment